Info Lowongan Kerja

Informasi pekerjaan karir tips mencari kerja

1.000 CPNS Surabaya Gugur

1.000 CPNS Langsung Gugur
* Pengumuman Lewat Internet dan SMS

Surabaya, Kompas – Sekitar 1.000 calon pegawai negeri sipil di Jawa Timur gugur karena salah dalam mengisi lembar jawaban. Salahnya pengisian tersebut fatal sehingga tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang menyeleksi jawaban CPNS tidak dapat memperbaikinya.

Kepala Pusat Komputer Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Dr Ari Santoso pada Kamis (16/3) mengatakan, sekitar 1.000 calon pegawai negeri sipil (CPNS) tersebut gugur karena ada yang salah mengisi kode soal dan kode wilayah serta salah mengisi formasi, yakni posisi yang ingin diisi CPNS. Jumlah CPNS Jatim tahun ini seluruhnya 430.000 orang.

“Kami tidak tahu mereka teledor atau sengaja. Namun karena kesalahan itu, sistem kami tidak mau memprosesnya dan kami tidak dapat memperbaikinya karena kesalahan tersebut fatal,” ujar Ari.

Ari menjelaskan, pihaknya dapat saja memperbaiki atau tetap memproses seleksi lembar jawaban kalau kesalahan itu tidak fatal, misalnya pengisian nama peserta CPNS di lembar jawaban yang satu ditulis secara lengkap, tetapi di lembar jawaban lain peserta CPNS tersebut menyingkat namanya.

“Kesalahan-kesalahan yang masih dapat ditoleransi tersebut jumlahnya 20 persen dari seluruh peserta CPNS dan yang tidak dapat ditoleransi sekitar 0,3 persen dari seluruh peserta CPNS,” tuturnya.

Jumlah lembar jawaban dari 38 kabupaten/kota di Jatim yang diseleksi ITS sekitar 760.000. Sementara jumlah peserta CPNS sekitar 430.000 orang. Proses seleksi di ITS berlangsung dari 1 Maret hingga 16 Maret.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Jatim Suwanto mengatakan, banyaknya CPNS yang gugur karena salah mengisi lembar jawaban akan menjadi pelajaran bagi panitia CPNS dan peserta CPNS dalam pelaksanaan tes berikutnya.

Hasil seleksi dari ITS, ia melanjutkan, akan diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota untuk diumumkan Jumat (17/3) ini di kota/kabupaten masing-masing. Untuk mencegah perubahan hasil seleksi di kabupaten/kota, pengumuman hasil seleksi akan diumumkan melalui internet, yakni di situs web http://www.jatim.go. id, http://www.kepegawaian. go.id, dan http://www.kepegawaian1. go.id.

Selain melalui internet, peserta CPNS dapat mengetahui hasil seleksi dengan mengirimkan pesan singkat (SMS). Caranya dengan mengetikkan ITS CPNS (nomor tes peserta) lalu mengirimkannya ke 7890.

Untuk Surabaya, Kepala Badan Kepegawaian Kota Surabaya Arini Pakistyaningsih mengatakan bahwa pengumuman hasil seleksi dapat dilihat di harian Memo dan Radar Surabaya. Selain itu, hasil seleksi akan ditempel di papan pengumuman di unit-unit satuan kerja di kantor-kantor dinas Pemerintah Kota Surabaya. (D12)

Agustus 22, 2008 - Posted by | cpns, pns, rekrutmen

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: