Info Lowongan Kerja

Informasi pekerjaan karir tips mencari kerja

CPNS Deptan Ujian Saringan

Ujian Saringan CPNS Deptan: 24 Nopember 2004
(adm/19 Nop 2004)

1. Ikuti info lowongan kerja via email, klik di sini untuk bergabung;

2. Join our newsletter to receive job vacancy via email, click here

Ikuti info lowongan kerja, lowongan karir, lowongan pekerjaan terbaru yg diupdate setiap hari. Klik banner animasi di bawah:

Setelah diadakan Seleksi Administrasi, pada tanggal 24 Nopember 2004 Departemen Pertanian akan menyelenggarakan Ujian Saringan Pengadaan CPNS. Ujian saringan kali ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dikatakan berbeda karena Ujian Saringan kali ini diselenggarakan serempak secara nasional dalam waktu yang bersamaan, baik pengadaan CPNS daerah maupun CPNS pusat, untuk seluruh departemen/lembaga/pemprov/pemkot/pemkab, sehingga tidak memungkinkan lagi seseorang melamar untuk beberapa instansi. Soal yang diujikan pun sama terutama untuk materi Test Pengetahuan Umum dan Test Scholastik. Khusus untuk pelamar sarjana juga harus mengikuti test subtantif yang materinya disesuaikan dengan jabatan yang dilamar.

Cara ujian dibuat mirip dengan UMPTN, dengan menggunakan lembar jawaban yang harus dihitami dengan pinsil 2B asli. Setiap pelamar yang dipanggil atau memenuhi syarat mengikuti ujian tertulis harus mengisi biodata yang juga diisi pakai pinsil 2B asli. Pelamar yang tidak mengisi atau tidak mengembalikan biodata dianggap tidak pernah melamar.

Yang juga membuat ujian kali ini berbeda adalah setiap eselon I Deptan tidak diberikan informasi tentang jumlah formasi yang akan diterimanya. Hal ini mungkin dikarenakan dari jumlah formasi yang dialokasikan untuk Deptan belum tentu bisa dipenuhi semuanya karena tergantung jumlah pelamar yang lulus atau memiliki nilai ujian di atas “passing grade”. Cara ujian seperti ini memberikan peluang yang sama bagi setiap pelamar, apakah pelamar baru (fresh) atau pelamar yang berasal dari tenaga kontrak/honor, asalkan betul-betul mempersiapkan diri. Mengandalkan masa kerja sebagai tenaga kontrak untuk diterima sebagi CPNS nampaknya bukan pilihan yang bijak pada penerimaan CPNS kali ini.

Hingga hari ini, daftar pelamar yang memenuhi syarat mengikuti Ujian Saringan pada tgl 24 Nopember 2004 belum bisa dilihat seluruhnya di website Deptan, karena proses seleksi administratif belum selesai seluruhnya. Mungkin dalam 1-2 hari ini akan ditayangkan, untuk itu terus monitor website deptan (www.deptan.go.id).

Sumber : Bagian Kepegawaian Badan Litbang Pertanian

Agustus 22, 2008 - Posted by | cpns, lowongan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: