Info Lowongan Kerja

Informasi pekerjaan karir tips mencari kerja

PMDK-SPBM Tidak Dipungut Biaya

PMDK-SPBM Tidak Dipungut Biaya
Ditulis pada 28 Februari, 2008 oleh labuhanbatunews
* Seleksi wewenang PTN Sendiri

Pihak sekolah dilarang keras melakukan pengutipan uang dalam proses Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK) siswa.

Pasalnya, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedoman Penerimaan Calon Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi, maka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) hanya melalui jalur yang ditetapkan pihak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bersangkutan.

Sehingga, seleksi hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi dari berbagai sekolah yang minimal memiliki nilai prestasi rata-rata setiap Tahun pelajaran.

Demikian dikatakan Jamaren Ginting Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu, Kamis(28/2) di Rantauprapat.

“Tidak ada pengutipan dalam PMDK-SPBM. Karena, hanya pihak PTN yang menentukan kriteria siswa yang diterima. Pihak sekolah hanya dapat mengajukan nama-nama peserta didik yang memenuhi syarat,” bebernya.

Meski jumlah pesert didik di Labuhanbatu yang pada tahun-tahun sebelumnya yang diterima melalui jalur PMDK-SPMB belum diketahuinya secara pasti, tapi, aku Jamaren, untuk tahun 2008 ini dipastikan akan mengalami peningkatan.

Untuk Labuhanbatu, Penelusuran Minat Dan Kemampuan siswa banyak yang brehasil ke berbagai PTN-PTN yang ada di pulau Sumatera bahkan perguruan tinggi yang ada di pulau Jawa.

“Penerimaannya merata di berbagai PTN. Baik yang ada di Sumut, bahkan di pulau Jawa,” jelasnya.

Terkait isu negatif yang mengatakan adanya pihak-pihak sekolah melakukan kutipan uang bervariasi dari para orang tua siswa untuk memudahkan dan meluluskan pada PMDK-SPMB, Jamaren mengakui belum memperoleh informasi itu. Namun, tegasnya, pihaknya tidak akan mentolelir adanya tindakan-tindakan yang diluar prosedur dalam proses seleksi PMDK-SPMB.

Disebutkan, untuk proses meluluskan salahseorang siswa, pihak sekolah mengenakan sejumlah Rp500 ribu. Selain itu, beredar juga isu menyebutkan, upaya peningkatan nilai-nilai prestasi siswa, di buku raport pada tiap-tiap tahun pelajaran, pihak sekolah mengenakan biaya ‘cuci raport’ sebesar Rp150 ribu.

“Tidak ada itu. Lagian, dalam proses penerimaan yang menentukan kelulusan adalah pihak PTN. SPMB tidak mengurangi wewenang masing-masing perguruan tinggi untuk melaksanakan seleksi sendiri. Jadi, bila ada indikasi kearah itu, tidak tertutup kemungkinan pada semester I di PTN nantinya, siswa akan dikembalikan pihak PTN ke sekolah asal. Alasannya, karena tidak mampu mengikuti proses perkuliahan,” paparnya.

Tapi, apapun komentar pihak Disdik Labuhanbatu, yang jelas salahseorang orangtua siswa murid di salahsatu SMA papan atas di kota Rantauprapat pada hari sama di tempat terpisah kepada METRO mengakui adanya indikasi ke arah itu. Pun demikian, walau tidak ingin identitasnya di korankan, pihak orangtua tetap mengharapkan dunia pendidikan Labuhanbatu dapat terus meningkat setara dengan daerah lain.

“Bila ada dan terbukti, sebaiknya diambil tindakan tegas. Karena, nanti akan mencoreng citra pendidikan di Labuhanbatu,” ujarnya.

Banyaknya pihak PTN yang akan menyampaikan formulir penerimaan mahasiswa baru, sebenarnya dapat membuka kesempatan luas kepada para peserta didik untuk menentukan lembaga pendidikan lanjutan yang akan dimasukinya. Bahkan, prosedur yang ditentukan juga masih dalam kategori wajar. Seperti, untuk Universitas Airlangga, informasi yang dihimpun menyebutkan, untuk Jalur Prestasi yang diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) tahun 2008 ini, bagi siswa yang mempunyai prestasi ilmiah atau non-ilmiah tertinggi di sekolah atau di luar sekolah dari seluruh jenis SLTA di Indonesia.

Sementara, untuk jalur Umum diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) pada umumnya. Yakni lulusan tahun 2006, 2007 dan 2008 yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik. Dan, Jalur Alih Jenjang diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1) di Universitas Airlangga, yang telah mempunyai prestasi akademik setara D3 atau S1. demikian halnya untuk Jalur Diploma, Program ini diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) tahun 2006, 2007 dan 2008.

Tidak jauh beda bagi Institut Teknologi Bandung. Pada tahun 2007, ITB tetap menerima mahasiswa baru melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). SPMB merupakan sistem ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat di Jakarta, berdasarkan mandat yang diberikan oleh Paguyuban Rektor Universitas Negeri Seluruh Indonesia.

Mekanisme ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 dan 5 Juli 2007. Tujuan pelaksanaan SPMB adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. SPMB tidak mengurangi wewenang masing-masing perguruan tinggi untuk melaksanakan seleksi sendiri. Seleksi dilakukan dengan pola ujian tertulis.

SPMB dilaksanakan di kota-kota dimana Perguruan Tinggi Negeri berada dan di kota-kota lain yang dianggap strategis oleh Panitia Pelaksana. Seleksi ujian tersebut menggunakan soal yang sama atau setara. Peserta ujian disarankan untuk memilih tempat ujian yang paling dekat dengan tempat tinggalnya.Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi calon mahasiswa.

Proses seleksi dilakukan secara terpusat. Semua peserta SPMB diurutkan menurut nilai ujiannya, kemudian dialokasikan pada program studi pilihannya, dengan ketentuan bahwa peserta yang lebih baik mendapat prioritas untuk dialokasikan lebih dahulu. Materi ujian SPMB pada umumnya ditujukan untuk menguji kemampuan kognitif dan kemampuan akademik calon mahasiswa.

Pada tahun ini, ITB akan menerima sekitar 55% dari total seluruh mahasiswa baru ITB 2007, melalui SPMB 2007.

Agustus 22, 2008 - Posted by | Beasiswa

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: