Info Lowongan Kerja

Informasi pekerjaan karir tips mencari kerja

Tips Wawancara Kerja Versi Pengusaha

Sekalipun sangat peduli dengan pengembangan kewirausahaan, kenyataan yang ada sekarang menunjukkan bahwa masih banyak orang yang memilih untuk bekerja pada orang lain.

Nah, terkait dengan masih tingginya minat para pencari kerja melamar ke banyak organisasi, pasti dibarengi dengan bermacam-macam tips yang diberikan oleh berbagai pihak.

Tapi dari pengamatan saya selama ini, mayoritas tips tersebut disampaikan bukan oleh para pengusaha/pemilik bisnis. Paling banter yang memberikan tipsnya adalah orang-orang yang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia.

Jadi bagaimana sebenarnya kriteria pegawai idaman dan aspek penting yang menjadi perhatian para pengusaha (terutama saya ) saat mengadakan penjaringan staf? Ini nih informasinya:

Kriteria Pegawai Idaman

Memiliki Karakter Positif
Karakter adalah hal yang sangat penting bagi saya dalam menjaring anggot tim kerja di perusahaan.
Sehebat apapun keahlian dan keterampilan yang dimiliki oleh seorang karyawan, hal tersebut tidak akan menjadi nilai lebih apapun bagi saya jika mereka memiliki karakter negatif.

Tidak Banyak Menuntut
Bagi seorang pengusaha, berlaku hukum jual-beli bagi setiap aktifitas bisnisnya baik secara langsung maupun tidak langsung.
Demikian pula hubungannya dengan para karyawan. Pengusaha pembeli kemampuan dan keterampilan karyawannya dengan imbalan yang telah disepakati di awal kerjasama.
Maka jika kemudian karyawan menjadi menuntut lebih dari apa yang sudah disepakati di awal kerjasama, hal tersebut jelas menjadi penilaian negatif dari si pengusaha.
Terlebih jika ternyata karyawan tersebut belum memperlihatkan kinerja dan prestasi kerja yang menjadikannya memiliki nilai jual lebih kepada perusahaan.

Efektif
Berpikir, bersikap dan bertindak efektif adalah hal penting yang harus dikuasai oleh setiap orang, tidak hanya para karyawan.
Efektifitas adalah tuntutan mutlak yang harus dipenuhi karena berdampak pada meningkatnya kinerja dan kualitas aktifitas perusahaan.

Fungsional dan Serba Bisa
Bagi seorang pengusaha, efisiensi biaya adalah hal yang sangat penting. Lebih baik menggaji seorang yang mampu menangani pekerjaan tiga orang dengan gaji 1,5 orang.
Nah, jika Anda ingin memperoleh peningkatan karier dan pendapatan di perusahaan, tunjukkan bahwa secara fungsional Anda bisa berprestasi sama dengan beberapa orang.
Selain itu, lengkapi pula diri Anda dengan keahlian dan keterampilan penunjang lainnya sehingga dapat memberikan nilai lebih sebagai staf serba-bisa.

Loyal
Setiap pengusaha menginginkan karyawan yang loyal kepada organisasinya. Loyalitas tersebut berdampak pada pelaksanaan program dan strategi perusahaan yang efektif.

Berpartisipasi Mengembangkan Perusahaan
Melibatkan diri Anda dan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan perusahaan adalah hal penting yang akan menjadi nilai tambah di depan para bos.
Jadi libatkanlah diri Anda sehingga perusahaan bisa berkembang. Pada akhirnya Anda sendiri kan yang akan ikut menikmati hasilnya?

Tips Wawancara Kerja

Konfirmasi Ulang Panggilan Wawancara
Kadang-kadang karena terlalu gembira dan semangat mendapatkan panggilan wawancara kerja via telepon, kita lupa mengkonfirmasi ulang.
Jangan lupa catat panggilan wawancara tersebut yang terkait dengan tanggal, jam dan tempat. Kalau bisa mintalah nomor telepon yang bisa dihubungi jika memerlukan informasi lebih lengkap.

Jangan Datang Terlambat
Ketepatan waktu Anda untuk hadir di wawancara adalah poin utama yang menjadi perhatian perekrut.
Dari sana terlihat apakah Anda memiliki disiplin dan antusias untuk bekerja di perusahaan tersebut.
Tidak akan ada perusahaan yang mau mempekerjakan orang yang tidak disiplin dan angin-anginan kerja kan?

Perhatikan Busana
Busana adalah hal penting yang harus diperhatikan saat wawancara. Gunakan kemeja lengan panjang dan celana berbahan bukan jeans/denim.
Sepatu tidak perlu mahal, yang penting bersih dan masih layak digunakan. Gunakan yang bermodel resmi.
Busana mencerminkan pribadi orang yang mengenakannya. Jadi berhati-hatilah dalam berbusana karena memberikan nilai yang berpengaruh besar saat wawancara.

Perhatikan Sikap dan Bahasa Tubuh
Bagi para pengusaha yang terbiasa bernegosiasi, mereka mayoritas sudah fasih membaca karakter orang melalui bahasa tubuh dan sikap lawan bicaranya.
Jadi jagalah sikap dan bahasa tubuh dari sinyal-sinyal negatif seperti menumpangkan/menyilangkan kaki (sinyal tidak antusias), bersidekap (sinyal bertahan yang berlebihan), duduk mengangkangkan kaki (sinyal menunjukkan dominasi), dsb.

Usahakan Makan Dulu
Nah, ini yang sering dilupakan. Saya pernah mewancarai orang yang tahu-tahu pingsan lho di tengah-tengah proses wawancara.
Gara-gara calon karyawan saya itu belum makan dari pagi!

Tanyakan tentang Jenjang Karier
Menanyakan jenjang karier selain memberikan gambaran visi, misi dan program perusahaan, memberikan sinyal positif bahwa Anda antusias bekerja di perusahaan tersebut.

Minta Kepastian Hasil Wawancara
Meminta kepastian kapan Anda akan dihubungi atas hasil wawancara memberikan sinyal bahwa Anda sangat tertarik untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa yang diinginkan oleh seorang pengusaha saat merekrut karyawan?

Tips Wawancara Kerja Versi Pengusaha
sumber: setiabudi.com

Agustus 22, 2008 - Posted by | tips kerja

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: