Info Lowongan Kerja

Informasi pekerjaan karir tips mencari kerja

Bea siswa buat S2

SAMPOERNA FOUNDATION

Yayasan pendidikan nirlaba ini didirikan pada Maret 2001 oleh para pengusaha sukses yang dimotori Putera Sampoerna (PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk.). Tujuannya membantu dan menyediakan beasiswa untuk berbagai tingkatan studi, dari siswa hingga pascasarjana. Dalam soal pengumpulan dana, sumbangan mengalir ke Sampoerna Foundation (SF) dari PT Hanjaya Mandala Sampoerna, keluarga besar Sampoerna, donatur pribadi, hingga perusahaan swasta yang tergerak hatinya untuk ikut memberikan sumbangan konstruktif kepada negara.

“Indonesia adalah negara yang penuh potensi,’’ kata Putera Sampoerna, bos perusahaan rokok. Ia melihat bahwa pendidikan adalah salah satu kunci bagi lahirnya pemimpin bangsa maupun pengusaha yang berguna untuk membangun negara yang kuat dan bersaing dalam perekonomian global. ‘’Belajar adalah proses mengetahui dan menjadi berarti,’’ tandasnya. Untuk mencetak pengusaha yang andal, SF juga memberikan dukungan penuh bagi mereka yang ingin belajar bidang ekonomi di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam jajaran Dewan Penasihat SF, tercatat tokoh-tokoh masyarakat seperti Prof. Dr. Nurcholish Madjid, Prof. Dr. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Arief Tarunakarya Surowidjojo, SH, LLM, dan John A. Prasetio, S.E.

Program Beasiswa yang ditawarkan:

1. Program Beasiswa Sekolah Menengah Umum

Program ini ditujukan bagi siswa dari kalangan kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Umum. Untuk membantu mereka, Sampoerna Foundation bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum beserta SMU Negeri di seluruh Indonesia. Dana yang disediakan cukup bagi 3.000 siswa setiap tahun, hingga lima tahun ke depan. SF bekerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk layanan transfer. Sementara itu, permohonan beasiswa ditutup pada 15 Oktober setiap tahun, untuk masa pendanaan studi yang dimulai November.

2. Program Beasiswa Sarjana (S1)

SF bekerja sama dengan RKS Management (Jakarta) dan perwakilan Universitas Indonesia (Jakarta/Depok), Universitas Padjadjaran (Bandung), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), dan Universitas Airlangga (Surabaya). Seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan: kondisi ekonomi, prestasi akademik, tes psikologi, potensi kepemimpinan dan wawancara. Pada program SF menyediakan dana untuk 30 peserta.

3. Program Pascasarjana di Dalam Negeri

Seleksi kurang-lebih sama dengan pemohon beasiswa S1. Namun syarat terpentingnya adalah kandidat memenuhi standar dan belajar program pascasarjana di universitas dalam negeri. Seperti pada program S1, untuk program pascasarjana ini SF sudah mencanangkan dana untuk 30 kandidat per tahun.

4. Program Pascasarjana di Luar Negeri

Selain seleksi dari SF, pemohon beasiswa melampirkan keterangan sudah diterima di universitas di luar negeri yang dituju. Permohonan beasiswa ini dibuka dan ditutup pada setiap akhir Agustus tahun sebelum tahun akademik berikutnya dimulai. Calon penerima beasiswa yang lulus seleksi akan diumumkan paling lambat 30 September – artinya calon penerima beasiswa mempunyai cukup waktu mengirim berkas permohonan studi mereka ke universitas-universitas di luar negeri. Setiap tahun SF menyediakan dua beasiswa untuk program ini.

Untuk informasi dan formulir pendaftaran bisa dimanfaatkan surat elektronik (e-mail), maupun mengklik website SF.

Sampoerna Foundation

Plaza Bapindo, Menara Bank Mandiri Lt. 18
Alamat: Jalan Jenderal Sudirman Kav. 54 – 55, Jakarta 12190.
E-mail: scholarship@SampoernaFoundation.org
Website: http://www.sampoernafoundation.org

Agustus 23, 2008 - Posted by | Beasiswa, pendidikan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: