Info Lowongan Kerja

Informasi pekerjaan karir tips mencari kerja

Beasiswa Buat Mahasiswa Berprestasi

Beasiswa Buat Mahasiswa Berprestasi

Jumat, 27 Juni 2008

Klik untuk melihat foto lainnya…

Siswa miskin di Sumbar banyak yang lulus perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia. Akan tetapi, mereka tidak bisa masuk PTN tersebut, karena tidak ada biaya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi akan menindaklanjutinya. Menurut gubernur, Pemprov Sumbar sudah sejak dua tahun lalu memberikan bantuan dana bagi siswa miskin yang lulus PTN favorit. Untuk memperoleh bantuan itu, pertama-tama siswa yang lulus PTN favorit itu melapor ke pemerintah kabupaten dan kota masing-masing.

Selanjutnya, pemerintah kabupaten dan kota memberikan rekomendasi ke Pemprov Sumbar. Setelah itu, baru pemprov melakukan verifikasi dan mencairkan dananya. “Saya minta dinas pendidikan menginventarisir berapa jumlah yang lulus ke PTN favorit tahun ini. Apabila jumlahnya membeludak, kita ajukan dana tambahan ke DPRD,” tegas gubernur.

Selain mengajukan tambahan anggaran, gubernur berharap pemerintah kabupaten dan kota bisa membantu tambahan dana bagi siswa-siswa miskin berprestasi itu. Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur menyebutkan, karena anggaran terbatas, maka pihaknya akan menyeleksi lagi siswa yang lulus itu. Selain itu, dana yang dianggarkan baru bisa cair setelah siswa tersebut kuliah. ”Jadi, banyak prosedur yang harus mereka lalui. Bantuan dicairkan setelah mereka jadi mahasiswa,” kata Burhasman, tadi malam.

Soal siswa miskin yang sudah tentu tidak punya biaya untuk mendaftar ulang saat masuk PTN favorit yang jumlahnya tidak sedikit, Burhasman menyatakan, itu ditanggung masing-masing siswa tersebut dulu. “Setelah kuliah, baru kita bantu. Namanya saja bantuan mahasiswa miskin berprestasi,” tukasnya.

Kasubdin STPDO Jefrinal Arifin mengatakan, tahun ini Pemprov mengalokasikan beasiswa bagi 75 mahasiswa dengan besaran Rp12 juta per orang setiap tahunnya. Jumlah ini meningkat dari tahun 2007 yang baru hanya 24 mahasiswa.

Mereka yang berhak menerima, mahasiswa miskin dan lulus di salah satu dari enam universitas ternama di Indonesia di antaranya UI, ITB, IPB, UGM, UIN dan Unand. Bantuan di transfer ke rekening masing-masing mahasiswa.

Sumber: Padang Ekspres, Edisi Jumat 27 Juni 2008.

Berita Berita Terkini Lainnya
. PSB Online Dicontoh
. Guru, Awasi Pesantren Ramadhan
. Program RKB, Jangan Beratkan Wali Murid
. Kemampuan Masyarakat Tentang IT Masih Rendah
. Kepala dan Pengawas Sekolah Berprestasi akan dikirim ke Cina
. Kasek SMA 12 Bantah Larang Tri Sekolah
. Dicurhati Guru Sekolah Terpencil, Menlu Berlinang
. Nunggak SPP, Coba Bunuh Diri
. 70 Persen Kasek Kurang Layak Asal Comot, Lemah Manajerial dan Supervisi
. Kasus Penjualan Buku, 2 Kepala Sekolah Dicopot

Agustus 23, 2008 - Posted by | Beasiswa, dalam negeri

1 Komentar »

  1. ass,,saya mhasiswa pariwisata politeknik unand,yang juga dari tamatan smk pariwisata.saya ingin sekali mendapatkan beasiswa dr kabupaten dan saya baru tahu informasinya setelah saya kuliah,saya diterima sebagai mahasiswa pmdk tahun 2009.saya sangat ingin mendapatkan beasiswa untuk meringankan beban orang tua saya yang sudah berumur lebih dari 50thn yang hanya bekerja sebagai tani.saya berasal dari kabupaten pasaman barat.untuk selanjutnya saya takut kuliah saya berhenti karena orang tua saya sering mengeluh dalam maslah biaya,untuk itu saya sangat membutuhkan beasiswa ini.Terimakasih..

    Komentar oleh amalina | Maret 17, 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: