Info Lowongan Kerja

Informasi pekerjaan karir tips mencari kerja

Beasiswa S1 Dalam Negeri

Beasiswa Sampoerna Foundation S1 Dalam Negeri

Sampoerna Foundation (SF) menyediakan program beasiswa bagi 40 anak muda Indonesia yang kurang mampu namun menunjukkan prestasi akademis yang cemerlang untuk menempuh pendidikan sarjana di bidang Ekonomi atau Teknik Terapan pada universitas-universitas dalam negeri yang direkomendasikan oleh SF untuk jangka waktu yang tidak lebih dari 4 tahun.

Pendaftar harus memenuhi SELURUH persyaratan berikut ini:
Warga Negara Indonesia
Harus dapat membuktikan kebutuhan tunjangan keuangan untuk melanjutkan sekolah, berdasarkan surat keterangan tidak mampu dan fotokopi tagihan listrik rumah dan/atau biaya sewa kos.
Lulus dari Sekolah Menengah Atas dengan Surat Tanda Kelulusan (STK) rata-rata tidak kurang dari 7.00.
Menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris.
Pada saat pengajuan lamaran beasiswa, tidak sedang mengikuti bangku kuliah di universitas manapun.
Beasiswa tidak akan diberikan kepada orang yang sedang menerima beasiswa lainnya.
Setelah lulus dari tahap seleksi, para finalis harus diterima di salah satu universitas yang terafiliasi dengan SF pada Fakultas Ekonomi atau Teknik Terapan (hanya kelas regular).
II. Persyaratan Lebih Lanjut

Pendaftar harus menunjukkan bahwa pihaknya memiliki potensi untuk menjadi pemimpin.
Pendaftar harus memiliki komitmen terhadap pembangunan masyarakat dan nasional.
Pendaftar harus bersedia untuk menjalani proses seleksi yang diselenggarakan oleh SF.
Penerima beasiswa harus bersedia untuk berpartisipasi dalam Skema Kontribusi Alumni sebagaimana diuraikan dalam bagian yang dimuat dalam Informasi Umum ini, dan di dalam setiap program dan kegiatan wajib lainnya sebagaimana dimuat dalam dokumen ini atau yang akan ditetapkan di kemudian hari.
Pendaftar harus bersedia untuk mematuhi aturan-aturan dan peraturan-peraturan yang diberlakukan oleh SF untuk pendaftaran beasiswa.
Penerima Beasiswa harus bersedia untuk tinggal dan bekerja di Indonesia untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun berturut-turut setelah selesai menyelesaikan pendidikan agar dapat menyumbangkan keahlian dan pengetahuan yang telah diperolehnya untuk membangun bangsa.

III. Kondisi Pemberian Beasiswa

Beasiswa penuh yang diberikan mencakup hal-hal sebagai berikut:
(i) Biaya pendaftaran ke universitas dimana pendaftar telah diterima.
(ii) Biaya pendidikan.
(iii) Uang saku, untuk mendukung biaya hidup selama masa pendidikan.
(iv) Tunjangan buku, untuk membeli buku teks yang dibutuhkan selama pendidikan.
(v) Tunjangan internet, agar siswa dapat memperoleh akses internet untuk keperluan pendidikan.
(vi) Tunjangan penelitian, untuk mendanai penelitian yang dilakukan pada masa akhir pendidikan.
Beasiswa hanya diberikan untuk pendidikan dalam kelas reguler.
Penerima beasiswa tidak boleh bekerja sebagai pegawai tetap selama masa studi.
Apabila SF menyediakan sarana tempat tinggal (asrama) untuk penerima beasiswa, maka penerima beasiswa wajib untuk tinggal di sarana tersebut selama masa studi.

IV. Pembayaran Dana Beasiswa

Biaya pendidikan akan dibayarkan secara langsung kepada universitas yang bersangkutan sesuai dengan biaya yang sebenarnya.
Dana lainnya akan dibayarkan kepada penerima beasiswa dan hanya akan dibayarkan apabila siswa telah memenuhi kewajiban dan tanggung-jawab akademis dan non-akademis secara memuaskan pada semester sebelumnya.

V. Masa Pemberian Beasiswa

Beasiswa diberikan untuk jangka waktu yang tidak melebihi 4 (empat) tahun atau setara dengan 8 (delapan) semester akademis atau kurang dari itu, bergantung dari program yang dipilih. Beasiswa tidak dapat diperpanjang.
Apabila penerima beasiswa tidak dapat menyelesaikan pendidikannya dalam kurun waktu yang ditetapkan, ia tetap berhak untuk melanjutkan pendidikan. Namun demikian, SF tidak berkewajiban untuk memberikan bantuan pendanaan lebih lanjut atau bantuan lainnya.
Keberlanjutan pemberian beasiswa bergantung pada kemampuan penerima beasiswa untuk mencapai prestasi akademis dan kemajuan non akademis yang memuaskan.

VI. Cuti dari Sekolah

Penerima beasiswa tidak berhak untuk menghentikan kegiatan pendidikan kecuali untuk liburan sekolah yang telah dijadwalkan oleh universitas.
Apabila, karena suatu keadaan yang luar biasa, penerima beasiswa terpaksa mempergunakan hak cuti dari universitas selain untuk alasan-alasan yang disebutkan di atas, mereka harus memperoleh persetujuan resmi dari universitas dan persetujuan tertulis dari SF.

VII. Ikatan Kerja

SF tidak mewajibkan penerima beasiswa untuk bekerja bagi SF atau para pihak yang terafiliasi dengannya atau organisasi pendukungnya, dan tidak memiliki kewajiban apa pun untuk mempekerjakan atau mencarikan pekerjaan untuk penerima beasiswa.

VIII. Sanksi-sanksi

SF akan mengenakan sanksi untuk setiap pelanggaran terhadap syarat-syarat pemberian beasiswa, termasuk namun tidak terbatas pada pencapaian prestasi akademis dan partisipasi dalam kegiatan-kegiatan wajib. Sanksi dapat berbentuk penghentian sementara pemberian dana beasiswa, diperpendeknya masa pemberian beasiswa atau pengakhiran pemberian dana beasiswa.
Sekiranya penerima beasiswa memutuskan untuk mengundurkan diri dari program beasiswa, dana yang telah dikeluarkan oleh SF selama pelaksanaan program beasiswa tersebut harus dilunasi oleh penerima beasiswa.

IX. Pengakhiran Beasiswa

Program Beasiswa akan berakhir apabila seorang penerima beasiswa tidak lagi terdaftar sebagai siswa:
Pada saat universitas menerbitkan transkrip yang menunjukkan bahwa siswa telah menyelesaikan pendidikannya; atau
• Pada saat penerima beasiswa terpaksa mengundurkan diri atau tidak dapat melanjutkan pendidikannya karena penyakit yang dideritanya atau karena alasan lain.

Beasiswa akan segera diakhiri, apabila:

• Penerima beasiswa tidak dapat memenuhi kewajiban-kewajibannya, atau gagal untuk mencapai prestasi akademis yang dipersyaratkan;
• Penerima beasiswa terbukti telah memalsukan informasi yang dimuat dalam formulir pendaftarannya atau dalam dokumen yang terlampir; atau,
• Penerima beasiswa telah dikeluarkan dari program studinya atau dikeluarkan dari universitas apapun alasannya; atau
• Penerima beasiswa terlibat dalam kegiatan ilegal, misalnya penyalahgunaan dan pengedaran obat-obatan terlarang atau bentuk kegiatan kriminal lainnya.

X. Tugas dan Kewajiban Lainnya

Penerima beasiswa harus bersedia untuk mematuhi aturan-aturan dan peraturan-peraturan yang diberlakukan oleh SF serta yang diberlakukan oleh universitas.
Penerima beasiswa harus bersedia untuk menghadiri dan berpartisipasi dalam Pertemuan Tahunan SF.
Penerima beasiswa harus berpartisipasi secara aktif dalam program pengembangan kepribadian yang dirancang oleh SF, seperti:
i. Kegiatan sosial, yang akan diselenggarakan dan dijalankan bersama dengan para penerima beasiswa lainnya dalam daerah yang bersangkutan setiap triwulan.
ii. Program orientasi, yang akan membantu penerima beasiswa untuk lebih memahami visi dan misi SF.
Penerima beasiswa harus berpartisipasi secara aktif dalam program pengembangan profesional yang dirancang oleh SF, seperti:
i. Program Kerja Magang, dimana penerima beasiswa dapat mempergunakan masa liburan sekolah, pada tahun ketiga dan keempat dari masa pendidikannya untuk mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang baru mereka dalam lingkungan kerja yang profesional. SF akan tetap memberikan bantuan untuk mendukung biaya hidup mereka selama masa liburan semester, dan oleh karenanya penerima beasiswa diminta untuk menyumbangkan sebagian dari kompensasi yang diterimanya selama menjalani program magang tersebut.
ii. Program pengembangan profesional lainnya yang akan dikoordinasikan oleh SF di masa yang akan datang.
Selama masa pendidikan, penerima beasiswa diwajibkan tetap melakukan korespondensi secara reguler dengan SF untuk melaporkan kemajuan yang telah dicapainya di bidang akademis dan non akademis.
Setelah menyelesaikan pendidikannya, penerima beasiswa diharapkan untuk bergabung dengan Ikatan Alumni SF dan berpartisipasi dalam program-program dan kegiatan-kegiatannya.

Agustus 23, 2008 - Posted by | Beasiswa, dalam negeri

1 Komentar »

  1. salam.
    saya tertarik dan berminat untuk mengajukan diri untuk mengikuti beasiswa sampoerna foundation ini.
    gimana cara daftarnya ya ?
    makasih

    Komentar oleh anton | September 4, 2008


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: